Langsung ke konten utama

7 Weton Tertinggi Dan 12 Watak Berdasarkan Neptu

Weton adalah hari kelahiran yang dipadukan dengan pasaran kelahiran. Setiap orang tentu memiliki weton, dan setiap orang tentu berbeda-beda weton yang dimiliki. Setiap weton memiliki makna sendiri-sendiri dalam dalam segi sifat, perilaku, tata krama, dan perbuatan. Jika seseorang memiliki weton yang bagus, tentu dia akan memadukannya dengan pekerjaan, pergaulan, dan tempat yang cocok. Jika tidak mengerti maka akan terbelenggu dan mungkin akan sulit untuk menemukan jati diri.

Weton ibarat tanaman yang kita miliki sejak lahir. Jika tanaman yang kita dapatkan adalah pohon kelapa, maka kelak nanti akan tinggi menjulang panjang ke atas dengan buah yang enak, bisa dimakan dan seluruh bagian dari kelapa itu tidak ada yang dibuang atau sangat berguna. Namun bila kelapa itu ditanam di tempat yang gersang, tidak ada yang merawat, dan tumbuh dengan tidak ada teman berada disekitar, bahkan sulit untuk mendapatkan air maka kelapa itu akan mati.

Sama halnya dengan weton, weton membutuhkan perawatan agar tidak layu atau mati. Jika weton dirawat dengan cara tirakat atau "Ngrekso" maka dapat berdampak positif untuk masa depan yang diinginkan. Sehingga dalam merawat weton ini, sebaiknya kita harus mengetahui weton apa yang kita miliki sekarang ini, jika kita sudah tau maka tinggal merawatnya saja.

Merawat weton itu mudah sekali, tergantung darimana kita bisa melakukannya. Jika kita tau bahwa weton itu sangat membantu dalam pekerjaan yang kita miliki, tentu saja weton tersebut akan memberikan pengaruh besar terhadap hidup yang kita lakukan. Sehingga weton yang kita peroleh sejak lahir akan menentukan jalan hidup kita saat ini.

Hikmah Weton

Ternyata weton itu terdapat hikmah tersendiri dimana kita semua dapat memperoleh pengetahuan dari weton tersebut. Banyak orang khususnya di Jawa ini yang mengerti tentang hikmah weton. Dimana weton tadi akan berdampak positif kepada orang yang memilikinya, sehingga weton yang dimiliki dapat memberikan manfaat bagi kehidupannya.

Dalam hal ini weton sudah menjadi salah satu cara hidup masyarakat jawa pada umumnya dalam menjalani kehidupan. Misalkan untuk mencari rejeki maka weton ini digunakan menurut hari sekarang. Dengan begitu dalam mendapatkan rejeki akan lebih mudah dan gampang dalam prakteknya.

Weton adalah sebuah dampak dari kehidupan yang kita miliki. Jika kita memiliki weton berarti kita terlahir di dunia dengan cara yang berbeda-beda. Misalkan lahir di siang hari akan berbeda lahir di malam hari, dan tentu saja nasib seseorang yang lahir di siang hari lebih banyak menghabiskan waktu di siang hari atau sebaliknya.

Terkadang kita tidak memiliki arti yang berbeda-beda mengenai weton, terkadang weton itu dapat memberikan syafaat yang baik, atau bahkan sebaliknya. Sehingga dari hal tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa weton itu merupakan sebuah titipan nasib yang hanya kita yang menjalani saja. Setiap orang harus bersyukur dan melakukan apa yang mereka bisa. Sehingga mereka akan tau jati diri mereka sendiri seperti apa.

Berikut ini 7 Weton Yang Paling Populer di Jawa..

Kamis Pahing

Kamis itu berwatak seperti angin alias "angen-angen" atau dalam bahasa indonesia adalah sebuah pemikiran. Sehingga orang-orang yang lahir pada hari kamis adalah mereka yang memiliki karakter bagus untuk berpikir sebelum bertindak. Sedangkan pahing atau "lanang" atau dalam bahasa indonesia adalah laki-laki adalah berwatak gagah berani, pantang menyerah dan tidak mudah putus asa. Presiden pertama Ir. Soekarno merupakan presiden yang lahir pada hari dan pasaran Kamis Pahing. Lihat betapa hebatnya beliau?.

Rabu Pahing
Bila kita amati, Rabu merupakan watak yang bagus untuk menjadi seorang pemimpin. Sebab Rabu adalah watak orang-orang yang bersifat seperti mendung, dimana hal tersebut tergantung dari cuaca dan kondisi. Sehingga bila ada seseorang yang memiliki niat baik kepada orang yang bersifat rabu, tentu dia si "Rabu" tadi akan membalas dengan hal-hal yang lebih baik. Begitupun sebaliknya. Sedangkan pahing adalah laki-laki, jika di padukan maka akan terbentuk sifat yang memiliki kewibawaan yang penuh dengan balas budi.

Kamis Legi

Seperti mantan wakil presiden Budiono, Kamis legi memiliki makna yang amat dalam. Yaitu kamis itu merupakan perwatakan angin atau "angen-angen" kemudian legi adalah tua atau berarti bisa membimbing. Jadi bila kamis legi itu dimiliki oleh seseorang yang lahir pada hari itu, maka mereka tentu saja akan membimbing siapa saja yang dekat dengannya kemudian akan memberikan pemikiran yang bagus untuk mereka.

Jumat Legi

Banyak orang jawa bilang jika jumlat legi merupakan perwatakan yang paling bagus untuk ritual. Sebenarnya kenapa jumat legi sering diadakan acara seperti tahlilan, slamatan dan sebagainya rahasianya adalah karena pada jumat legi ini merupakan jumat yang besar. Biasanya mereka yang memiliki watak jumat legi akan selalu mengayomi orang-orang yang berada di sekitar, dan jika dia meminta pertolongan kepada tuhan, tentu akan segera dikabulkan, namun dengan catatan ibadah yang lancar.

Sabtu Pahing

Ini merupakan perwatakan orang-orang yang berani membela tanah air pada jaman penjajahan dahulu. Sebab orang-orang yang memiliki watak sabtu yang berarti tanah atau bisa juga disebut "krasanan" atau suka berada ditempat yang disinggahi sekarang. Mereka yang lahir pada hari sabtu tentu saja akan menciptakan banyak kesan menyukai tempat yang ditinggali saat ini. Walaupun pekerjaan, mereka akan betah walau sengsara sekalipun. Dan pahing merupakan watak yang paling tinggi, sehingga mereka yang lahir di Sabtu Pahing biasanya mereka akan memiliki pengaruh yang besar dari tanggung jawab, terutama keluarga.

Senin Pon

Mereka yang lahir di hari Senin tergolong orang-orang yang memiliki jiwa seni. Biasanya berwatak "kembang" atau bunga. Sehingga jika mereka sekali saja tampil, tentu akan membuat orang lain menjadi terpukau. Bila memiliki pasaran "Pon" tentu saja mereka akan menyukai ilmu yang mereka dapatkan. Sekecil ilmu itu akan mereka kembangkan bagi watak pon tersebut.

Selasa Wage

Ini merupakan watak dengan pasaran terkecil dari sekian banyak  weton. Mereka yang memiliki watak selasa adalah "geni" atau api. Sehingga mereka tidak takut akan bahaya apapun yang menghalanginya. Sehingga bagi kamu yang memiliki watak selasa wage, berhati-hatilah jangan salah pilih dalam melakukan tindakan. Sebab bila salah sedikitpun akan berdampak pada masa depan dan itu dapat menghancurkan hidup. Jika benar pilih maka kamu akan memperoleh banyak sekali hikmah yang kamu dapatkan.

Dari ke 7 Weton tersebut, diantaranya bila ada di hari kelahiran kamu berarti beruntunglah kamu bisa menonjolkan dirimu untuk bisa memperoleh hal-hal yang istimewa. Jika selain itu mungkin keahlianmu berbeda-beda dibandingkan dengan weton diatas. Kita juga sangat mengetahui bahwa semakin tinggi derajat seseorang, semakin tinggi pula guncangan atau masalah yang akan dihadapi.

Kita juga mengetahui bahwa semua hari dan pasaran itu baik, namun ada hal-hal yang berbeda mengenai weton tadi. Jika kamu menggunakan weton dalam kehidupanmu sehari-hari, tentu saja kamu tidak akan salah pilih dan akan menciptakan rasa senang yang luar biasa mengenai pekerjaan yang kamu geluti tadi. Namun bila tidak cocok, tentu saja akan bertolakbelakang dengan pekerjaan yang kamu miliki.

Watak Berdasarkan Weton

Orang Tua Jawa di zaman dahulu dapat mengetahui atau memperkirakan watak dan karakter seseorang dengan hanya melihat hari dan weton kelahirannya. Meskipun tidak 100% tepat, perkiraan atau ramalan watak yang dirunut berdasarkan weton kelahiran tidak bisa dianggap remeh. Hal ini mengingat bahwa ternyata apa yang tercantum dalam ramalan tersebut faktanya lebih banyak benarnya dibandingkan yang tidak benar. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana ramalan watak berdasarkan weton kelahiran seseorang secara lengkap, silakan simak pembahasan berikut ini!
Untuk meramalkan watak seseorang berdasarkan weton kelahirannya, primbon Jawa mengenal istilah neptu. Neptu adalah nilai dari suatu weton yang diperoleh dengan menjumlahkan nilai hari dan nilai pasaran. Nilai neptu sendiri berkisar antara 7 sampai 18. Nah, dari nilai neptu inilah kemudian semua yang mencakup karakter dan watak seseorang diramalkan. Selengkapnya tentang hitungan neptu, silakan baca di link ini.

Watak berdasarkan Weton dengan Neptu 7
Nilai neptu 7 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di weton Selasa Wage. Orang dengan neptu ini bisanya memiliki watak sempit hatinya, tidak mempunyai teman, pemalas, suka ingkar janji terhadap wanita, bahkan sering berbuat gegabah, dan bila bercakap-cakap agak tersendat-sendat.

Watak berdasarkan Weton dengan Neptu 8
Nilai neptu 8 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di weton Senin Wage dan Selasa Legi. Orang dengan neptu ini bisanya memiliki watak panas hati, dengki, tidak mempunyai teman, sering bermuka masam, dan bila bertengkar sering mendatangkan bahaya, atau bila berbicara sering berakibat celaka. Dalam istilah primbon, watak ini disebut berlaku seperti bumi.

Watak berdasarkan Weton dengan Neptu 9
Nilai neptu 9 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di weton Minggu Wage dan Senin Legi. Orang dengan neptu ini bisanya memiliki watak lincah (teranjalan), suka berpindah-pindah dan jauh tujuannya, bersikap hanya untuk mementingkan isi perutnya sendiri, dan bila ia diguna-guna, ia akan kebal. Dalam istilah primbon, watak ini disebut berlaku seperti api.

Watak berdasarkan Weton dengan Neptu 10
Nilai neptu 10 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di weton Selasa Pon, Jumat Wage, dan Minggu Legi. Orang dengan neptu ini bisanya memiliki watak pendiam, bila disakiti hatinya tidak mudah marah, mudah menerima apa yang diajarkan (cerdas atau daya tangkapnya tinggi, dan bila menjadi seorang dukun tidak mudah ditanyai. Dalam istilah primbon, watak ini disebut berlaku seperti pelangi.

Watak berdasarkan Weton dengan Neptu 11
Nilai neptu 11 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di weton Senin Pon, Rabu Wage, Selasa Kliwon, dan Jumat Legi. Orang dengan neptu ini bisanya memiliki watak berani mati, besar malunya, mudah tersinggung, dan bila memiliki sesuatu sering dijualnya, malah kadang-kadang suka mencuri bila dalam keadaan kepepet. Dalam istilah primbon, watak ini disebut berlaku seperti bunga.

Watak berdasarkan Weton dengan Neptu 12
Nilai neptu 12 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di weton Minggu Pon, Kamis Wage, Senin Kliwon, Rabu Legi, dan Selasa Pahing. Orang dengan neptu ini bisanya memiliki watak
menerima (Jw. neriman), banyak kepandaiannya, banyak orang sayang kepadanya, bila bekerja mudah, dan bila berumah tangga sering kehilangan. Dalam istilah primbon, watak ini disebut berlaku seperti jin.

Watak berdasarkan Weton dengan Neptu 13
Nilai neptu 13 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di weton Jumat Pon, Sabtu Wage, Minggu Kliwon, Kamis Legi, dan Senin Pahing. Orang dengan neptu ini bisanya memiliki watak tidak mempunyai perasaan, tetapi hatinya lemah lembut, berlaku baik terhadap saudara, dan berjiwa petualang (suka merantau). Dalam istilah primbon, watak ini disebut berlaku seperti bintang.

Watak berdasarkan Weton dengan Neptu 14
Nilai neptu 14 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di weton Rabu Pon, Jumat Kliwon, Sabtu Legi, dan Minggu Pahing. Orang dengan neptu ini bisanya memiliki watak apa saja mau (serba mau), apapun dapat dijalani, suka berbakti, sering mendapatkan kebahagiaan, mudah menerima pelajaran, disegani oleh orang lain, lemas hatinya, tetapi pemalas. Dalam istilah primbon, watak ini disebut berlaku seperti bulan.

Watak berdasarkan Weton dengan Neptu 15
Nilai neptu 15 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di weton Kamis Pon, Rabu Kliwon, dan Jumat Pahing. Orang dengan neptu ini bisanya memiliki watak suka memerintah (Jw. seneng ngongkon), keras hatinya dan keras pula bicaranya, tidak mau kurang makanan, banyak temannya, dan bila berumah tangga sering bertengkar. Dalam istilah primbon, watak ini disebut berlaku seperti matahari.

Watak berdasarkan Weton dengan Neptu 16
Nilai neptu 16 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di weton Sabtu Pon, Kamis Kliwon, dan Rabu Pahing. Orang dengan neptu ini bisanya memiliki watak lemah, jika berbicara banyak ma’afnya, sopan santun, apa yang diciptakannya terlaksana, jika sudah marah tidak ada yang dapat bisa menghalang-halangi. Dalam istilah primbon, watak ini disebut berlaku seperti air.

Watak berdasarkan Weton dengan Neptu 17
Nilai neptu 17 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di weton Sabtu Kliwon dan Kamis Pahing. Orang dengan neptu ini bisanya memiliki watak pendiam, mau bekerja tapi lambat, bila memberi nasehat sering dituruti, tidak mempunyai teman (sempit pergaulan). dan ia sering ditipu oleh orang lain. Dalam istilah primbon, watak ini disebut berlaku seperti bumi.

Watak berdasarkan Weton dengan Neptu 18
Nilai neptu 18 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di weton Sabtu Pahing. Orang dengan neptu ini bisanya memiliki watak panas, bicara baik periang dan bila bertengkar sangat bila berani, tetapi mudah mengalah. Dalam istilah primbon, watak ini disebut berlaku seperti api.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SELASA KLIWON MALAM ANGGORO KASIH PRIMBON JAWA

SELASA KLIWON MALAM ANGGORO KASIH PRIMBON JAWA -   Telah dijelaskan menurut ramalam primbon jawa bahwa orang yang lahir di hari selasa kliwon memiliki laku aras tuding, adalah sebuah laku yang unik orang yang memiliki laku aras tuding mendapatkan kesempatan dan keberuntugan lebih awal dalam berbagai hal. Selain itu ada beberapa ramalan lainya tentang, watak, jodoh, pekerjaan, karakter dan sifat orang yang lahir pada hari selasa kliwon. Selasa Kliwon Malam Anggoro Kasih Primbon Jawa Hitungan Pasaran Selasa Kliwon Selasa kliwon memiliki neptu 11, dengan spesifikasi selasa (3) dan pasaran selasa kliwon (5) jumlah neptu tersebut yang menjadikan pertimbangan dalam meramalkan orang yang lahir pada hari selasa kliwon. 1. Watak Orang Selasa Kliwon Orang yang lahir pada selasa kliwon memilk watak mudah marah dan tersulut emosional. Mereka termasuk golongan orang yang pandai bicara, setia, dan ambisius. Faktor yang menjadikan nya dalam bebrbicara karena mereka orang yang memi

Watak, Jodoh, Rejeki, Misteri, Keistimewaan, Weton Selasa Pon

Warisan leluhur menjelaskan bahwa orang-orang yang terlahir di weton Selasa Pon umumnya memiliki perwatakan rakam Sanggar Waringin. Rakam ini menunjukan bahwa mereka termasuk orang-orang yang teduh hatinya dan suka memberi perlindungan terhadap sesamanya. Selain itu, primbon juga menjelaskan hal-hal lain seperti karakter dan sifat dari orang berweton Selasa Pon lengkap dengan ramalan jodoh, kecocokan pekerjaan, dan ramalan rejekinya. Penjelasan tersebut telah kami rangkum sebagaimana tersaji berikut ini. Weton Selasa Pon Berdasarkan hitungan Jawa, weton Selasa Pon memiliki jumlah neptu 10. Neptu tersebut diperoleh dari hasil penjumlahan antara nilai hari Selasa (3) dan nilai pasaran Pon (7). 1. Watak, Sifat, dan Karakter Orang Weton Selasa Pon Primbon weton Jawa menjelaskan tentang ramalan sifat, watak, dan karakter orang-orang yang lahir di weton Selasa Pon. Ramalan primbon menyebutkan bahwa mereka yang berweton ini memiliki sifat yang tertutup. Ia juga termasuk bersifat pemarah